Pengertian Proses Belajar

Bookmark and Share
Proses belajar dapat diartikan sebagai tahapan perubahan perilaku kognitif, afektif dan psikomotorik yang terjadi dalam diri siswa. Perubahan tersebut bersifat positif dalam arti berorientasi ke arah yang lebih maju. 

Menurut Brunner dalam Nasution (2003:9), proses belajar dapat dibedakan atas tiga fase yakni : 
  1. Informasi
    Setiap pelajaran diperoleh sejumlah informasi, ada yang menambah pengetahuan yang telah dimiliki, ada yang memperhalus dan memperdalamnya, ada pula informasi yang bertentangan dengan apa yang telah diketahui sebelumnya, misalnya bahwa tidak ada energi yang lenyap.
  2. Transformasi
    Informasi itu harus dianalisis, diubah atau ditransformasi ke dalam bentuk yang lebih abstrak atau konseptual agar dapat digunakan untuk hal – hal yang lebih luas. Dalam hal ini bantuan guru sangat diperlukan.
  3. Evaluasi
    Kemudian dinilai sejauh mana pengetahuan yang diperoleh dan tranformasi itu dapat dimanfaatkan untuk memahami gejala – gejala lain.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar